Sepatu.












Sebagai pecinta dorama Jepang, dari dulu gue selalu bingung sama cara orang Jepang menyimpan sepatu. Di film-film itu selalu diperlihatkan bahwa setiap orang punya cara menyimpan sepatu yang sama. Seragam. Sepatu anggota keluarga selalu berjejer rapi di pintu masuk, tapi, DI LUAR RAK SEPATU. Yang menjadi pertanyaan gw adalah:

"Mereka kan punya rak sepatu, ngapain sepatunya dijejer-jejer di luar??"
atau
"Ribet banget mau lepas sepatu harus balik badan dulu?"

Nah, baru-baru ini pertanyaan ga penting itu terjawab. Yang bikin gue kaget adalah, jawaban dari pertanyaan simpel itu ternyata sangat penting. Gue juga sebetulnya lupa, sih, pernah baca atau dengar ini dari mana. Tapi tapi tapiii... yang jelas cara menaruh sepatu ini ada hubungannya sama kesiapan menghadapi bencana. 

Jepang kan memang terkenal sebagai negara yang rawan bencana, sebut saja gempa bumi, tsunami, dll... Nasibnya sebelas dua belas lah sama Indonesia. Bedanya, pemahaman dan persiapan mereka dalam menghadapi bencana sudah jauh lebih baik daripada kita. Salah satunya bisa dilihat dari cara meletakkan sepatu ini. 

Umumnya, beginilah cara orang Indonesia meletakkan sepatu


Atau... kalau di Mushalla lebih berantakan lagi


Kebayang nggak sih kalau misalnya kita lagi di Mushalla itu dan tiba-tiba ada gempa? 
Nah, sekarang kita bandingkan sama gambar yang ini


Kira-kira, mana yang lebih praktis dan siap dipakai kalau misalnya terjadi hal-hal yang membuat kita harus langsung keluar rumah?

Itu dia jawaban dari pertanyaan simpel gue di awal. Orang Jepang menaruh sepatu mereka dengan menghadap keluar seperti itu supaya mereka bisa cepat keluar rumah dengan pakaian yang tetap melindungi tubuh, kalau misalnya terjadi gempa, kebakaran, dsb... Ini bagian dari persiapan mereka menghadapi bencana yang nggak bisa ditebak kapan terjadinya, dan sudah dibiasakan sejak masih anak-anak. Hebat ya, sampai hal-hal kecil begini aja dipikirin :)

Jadii... seperti peribahasa favorit orang Bogor: sedia payung sebelum hujan. Yuk mariii, lebih baik siap-siap sebelum kejadian.

*langsung cabut beresin sepatu*

Cheers! :D

Komentar

Postingan Populer