Napak Tilas

Beberapa hari yang lalu gue menemani seorang teman mengunjungi sudut-sudut kota Bogor. Untungnya temanku yang bernama Nanien ini ga minta diajak ke mall (horas!). Jadilah kami mampir ke toko roti Delicious yang jadul abis, Kantor Pos Bogor yang sudah bertahun-tahun selalu dilewati tapi nggak pernah dihampiri, dan toko buku tua yang jadi surga pas zaman SMA.

Neng Nanien sedang memilih kartu lebaran :D


1. Toko Roti Delicious
Kata mama ini toko roti jadul. Sayang sekali lupa difoto karena buru-buru. Bentuknya yaaa... jadul. Sayang nggak sesuai ekspektasi karena roti yang dijual sedikit banget dan mbak-mbaknya kurang ramah. Padahal diriku sudah berharap ketemu setting Madre-nya Dewi Lestari. hehehe. yaah... mungkin karena pelanggannya hanya oma dan opa fanatik, omset juga menurun seiring dengan penurunan jumlah oma-opa fanatik tadi. Meskipun begitu, gue seneng banget karena nemu pia jadul yang selama ini dicari-cari. Menurut gue (mungkin ini terpengaruh rasa nostalgia) rasa pia ini enak dan beda dari pia lain. kulitnya renyah banget dan makannya harus ditadah pakai tangan karena remah-remah kulitnya akan jatuh kemana-mana kalau kita gigit. Senang! Paling enak adalah rasa kacang hijau. Tapi harganya lumayan bikin kantong bolong: Rp 12.000,- untuk sebungkus pia isi 5 buah. Yasulah tak apa-apa, yang penting rasa kangen terpenuhi.
Lanjuuuut ke situs napak tilas #2!

Ada yang pernah makan pia ini? 
Judulnya asli Suroboyo tapi pabriknya di Bandung LOL. Nu penting raos!



2. Kantor Pos Bogor
Kayaknya semenjak lulus SMA gue nggak pernah lagi menginjakkan kaki di kantor pos. Untung ada Nanien si pecinta postcrossing, gue jadi mampir lagi ke situ. Jadi inget ikut-ikutan filateli pas jaman pake seragam putih merah dengan muka jerawatan. hihiiiii. Di sana kami excited banget nemu kartu pos-kartu pos jadul dengan gambar aneh-aneh. Juaranya adalah kartu bergambar dua cewek lagi nyari kutu. HAHAHA. Bule-bule temennya Nanien pasti ga pernah liat aktivitas nyari kutu, doi sampe borong banyak banget loh buat dikirim ke bule-bule itu. Selain itu ada juga kartu lebaran dengan ucapan yang lebih cocok buat nembak perempuan taun 80an ketimbang maaf-maafan, ciamik banget! hahaha.

Berbagai perlengapan pos jadul

The ultimate "cari kutu" postcard :D

Ada prangko UI juga lho! :D

Nah, di dalam kantor pos kami ketemu ibu2 yang super semangat melayani bocah-bocah pengirim surat macam gue & Nanien. Mungkin orang Sunda naluri gosipnya memang sebesar gunung Pangrango kali yah.. baru ketemu 2menit aja doi berani nanya-nanya udah punya pacar apa belum. Yaelah Buuuu! Udah gitu harga diri malah membuat gue menjawab :
"YAAAH.. ADA SIH BU BEGITU-BEGITU AJA TAPINYA"

Errr.. can you define "begitu-begitu aja", please??? Tentu saja itu BOHONG BESAR Bu. hahahaha... btw, puasa gua batal dong yah berarti? nyihihihiiii. Abis kayanya jawaban "wah saya sih jomblo" bakal dianggap aib sih sama ibu itu... *alasan*

Bebarapa pedagang perlengkapan pos jadul di sudut halaman Kantor Pos Bogor.
-Duh, wajah bapaknya inosen sekali-


Anyway, setelah napak tilas ke kantor pos gue jadi mempertimbangkan ikut postcrossing juga. Nggak tega ngeliat penjual-penjual kartu pos itu sumringah dan semangat banget waktu kami memborong dagangannya. Belum tentu juga setaun sekali mereka ketemu pembeli pecicilan kaya kami ini. Mau nawar aja nggak tega. Ke kantor pos rasanya udah ada romansa sendiri, gimana kalo surat-suratan ya :D. Mau ah ikutan postcrossing dan cari sahabat pena :)
Dari situs napak tilas #2 kami lanjut ke situs #3 yang menjual berbagai perlengkapan sahabat pena


3. Toko Buku ABC
Ayo, yang anak Bogor pasti tau toko buku ABC! Gue mengajak Nanien ke sini karena ini surga buat pecinta stationary seperti gue. Ini tempat paling oke untuk membeli berbagai notes imut, pulpen lucu, sampai diary dengan harga miring. Jaman SMP-SMA sih gue sering jalan kaki ke toko ini (kalo diliat lagi sekarang ternyata lumayan jauh loh, pantes dulu agak kurus :P) untuk beli macam-macam persediaan alat tulis. Jadilah gue merekomendasikan toko ini supaya Nanien bisa menghilangkan dahaganya membeli perlengkapan surat-menyurat. Ternyata eh ternyata... waktu memang bisa merubah macam-macam hal ya. Sekarang toko ini sudah nggak selengkap dulu dan Mbak-nya pun bilang sekarang udah ga jualan notes lucu, buku harian, apalagi kertas surat... ah sayang sekali. padahal gue lebih suka nulis dengan pulpen dan kertas daripada mencet-mencet tuts keyboard. Sebut saja gue jadul, tapi menurut gue pulpen dan kertas itu duo paling oke untuk ngilangin galau. hehehe. Sayang ngga sempat ngobrol-ngobrol sama Kokoh yang punya toko karena harus cepat-cepat pulang. Untung Nanien tetap senang mendapat isi binder yang lucu-lucu dengan harga Rp 2.000,- saja per paknya. di Gramed mungkin itu bisa 10ribu sendiri satu bungkusnya.
* * *

Ah. ternyata banyak hal yang berubah ya selama 4 tahun kuliah. jadi kepikiran untuk napak tilas ke tempat-tempat lain di Bogor. Pengen say hi aja sambil cari inspirasi buat tulisan sebelum nanti kerja dan kembali nggak punya waktu untuk printilan-printilan yang bikin happy ini :)



I'll be writing to you soon,
Cheers!
Anggi :D


Komentar

  1. toko roti delicious itu di mana?

    BalasHapus
  2. Di deket Mawar, Teh... sebelum Indomaret yg deket President Theater itu. Jadulnya ga nahan lah. Agak2 hidup segan mati tak mau gitu. watir euy..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer