Kamu Perlu Jiwa Fangirl Ketika Ingin Buat/Perpanjang Paspor di Bogor
Dengan mengucap
bismillahirrahmanirrahim, saya ingin memulai curhat sesi kedua dari petualangan
memperpanjang paspor di Kantor Imigrasi Bogor tercinta.
Kenapa pakai
bismillah? Pertama, karena memang begitulah ajaran kepada kaum muslimin dan
muslimah. Kedua, saya juga berdoa semoga para pembaca yang budiman tetap bisa bersabar
dan berpikir positif selama mengikuti kisah petualangan saya ini. Hehehe.
Hubungan antara proses
pembuatan/perpanjangan paspor di Bogor dengan fangirl niscaya akan saudara-saudari
pahami seiring cerita saya nanti. Hahahahaa. Untuk gambaran gimana gigihnya para fangirl mengejar idola, silakan liat klip teman saya Nanien dan Maya waktu ketemu Park Bo Gum Dedek Akuuuuu! (maapin fangirl kumat HAHAHA).
Oke kita mulai yah…
Jadi, awal mula
kekisruhan dalam memperpanjang paspor sudah dimulai sejak 2017. Cerita ini sudah
saya tuangkan panjang lebar dalam postingan sebelumnya:
Ibu mau perpanjang paspor (foto punya Joko Anwar) |
Berhubung saya udah
dapat informasi bahwa pada Sabtu, 6 Januari 2017 ini Kantor Imigrasi Bogor
melayani pembuatan dan perpanjangan paspor secara manual, jadilah saya dan Ibu Suri
berangkat. Jam 6 pagi keluar rumah dengan wangi dan cantik (karena foto
paspor yang jelek niscaya akan menimbulkan penyesalan selama 5 tahun mendatang).
Jam 6.30 kami tiba di
Kantor Imigrasi Bogor. Daaaannn ternyata antrian sudah mengular seperti antrian
beli diskonan sepatu Nike. Waaw ternyata kurang pagi!
*maafkan, lupa foto antriannya karena udah keburu sebel*
Saya pun dengan
polosnya bertanya kepada Bapak Satpam.
A: Pak, ini antrian
yang mau buat dan perpanjang paspor?
Pak Satpam: Iya tapi
kayaknya udah lebih dari 100 Bu.
“KAYAKNYA”
Sungguh kata yang
membuat nyaliku ciut sekaligus menahan amarah.
Ilfil dong yah gue,
karena antreannya udah panjang banget sampe ada yang ngemper-ngemper sambil
makan bubur ayam. Kesian juga Ibu Suri disuruh ngantri tanpa kepastian gini.
Berhubung sebenernya udah dapet nomor antrean untuk mengurus paspor di tanggal
17 Januari 2018, jadi akhirnya kami memutuskan untuk putar haluan dan cari
sarapan.
Selama di perjalanan
pulang, makin dipikir ini balada ngurus paspor kok ya semakin mengecewakan dan
konyol. Ngomel sendiri atau nulis di blog dan medsos juga kayanya kurang
berfaedah yah selain untuk menyalurkan emosi yang membuncah di dada. Akhirnya
kuputuskan untuk kembali ke Kantor Imigrasi untuk menulis saran dan
memasukkannya di kotak saran. Kali-kali aja ditindaklanjuti.
Kembali ke sana
sekitar jam 7 lewat, antrian sudah bubar tapi masih ada orang yang bergerombol
di depan gerbang. Dari kejauhan sih tampaknya pada ngomel-ngomel sama satpam
dan petugas Imigrasi (tepat seperti yang ingin gue lakukan HAHAHAHA).
Pas gw masuk dalam
kerumunan itu, bener aja dong lagi pada ngedumel rame-rame karena mereka
bukanlah 100 orang terpilih yang bisa ngurus paspor hari ini.
Meskipun ku bukan
Sailormoon yang diberi amanah untuk menegakkan keadilan, gue tetap terpanggil
untuk memberikan saran dan masukan agar tidak terjadi kericuhan yang sama di masa
depan. Seenggaknya ya orang ngantri tuh manusiawi kaya kalo kita ngantri di bank.
Lama juga sih, tapi setidaknya kan ada jaminan bahwa di hari itu kita bakal
tetap bisa ketemu teller atau customer service untuk membantu kebutuhan kita.
Saranku gak
muluk-muluk kok:
1. Siapin aja
nomor antrian 1-100 jadi kalau ada yang datang bisa dikasih nomor dan nunggu
sampai layanan dibuka. Mau makan bubur ayam bisa duduk dengan proper gitu,
bukan di trotoar.
2. Catat
siapa-siapa yang ambil nomor. Buat aja daftar absen kosong yang bisa diisi dengan
identitas pengantri. Bila perlu suruh tinggalkan KTP sebagai jaminan.
Bagaimana? Sederhana bukaan???
Kalau dalam logika gw
yang cetek, setidaknya ini bakal membantu petugas untuk tahu berapa orang
yang sudah antri. Kalau kuota 100 orang sudah habis kan Pak Satpam juga
jadi enak ngasih pengumumannya. Bilang aja kuotanya sudah habis, “kalau masih mau nunggu ya
ndak apa-apa Bapak dan Ibu, tapi waiting
list dan cuma bisa dilayani kalau ada yang membatalkan gilirannya.”
Bukannya bilang ,“kayaknya
udah lebih dari 100 Bu.” Please, deh, Bapak jangan PHP. #laaah.
Jadi orang ga
ngantri-ngantri tanpa kepastian sembari duduk ngemper kaya mau masuk venue konser. Kasian
loh itu banyak bapak-bapak dan ibu-ibu udah tua. Gue sih ga rela nyokap gue
disuruh begitu. Durhaka kalian semua,
durhakaaa!
Singkat cerita gue
nanya-nanya lah ke satpam dan petugas Kantor Imigrasi yang jaga di depan
gerbang. Usut punya usut ternyata mereka punya tuh nomor antrean 1-100….
….yang dibagikan mulai
jam 7 pagi, sebagai tiket masuk dan nomor antrian di dalam.
WAH SUNGGUH SANGAT BERFAEDAH…
…TAPI TELAT.
Karena ini sungguh
bikin emosi jiwa, akhirnya terjadilah percakapan ini (yang sayangnya gak gue
rekam agar bisa menjadi bukti yang sahih apabila ternyata tulisan ini bikin gue
disomasi. Amit-amiiit).
A: Kenapa sih Pak
nomornya ga dikasih aja dari awal ada yg datang?
Petugas dan
Satpam (P&S): Soalnya kalo
dibagiin dari awal suka dibawa pulang Bu, ga balik lagi.
A: Ya dicatet aja Pak,
dibuat list.
P&S: Tetep aja Bu, banyak yang ngakalin.
A: Oooh gitu Pak. Jadi
karena banyak yang berniat jahat jadi akhirnya ga mau pakai sistem ini lagi?
P&S: Iya… (sambil
manggut-manggut yang bikin gue tambah kesel karena yaelah bapak kok mudah amat
menyerah).
Petugas kemudian
melipir masuk, menyisakan Pak Satpam yang bernasib buruk karena masih
menghadapi gue sendirian.
A: Ya suruh ninggalin
KTP aja Pak. Masa iya ada orang mau main ninggalin KTP gitu aja dan gak diambil
lagi.
S: Tetap ga bisa Bu.
Wallahualam sih ya
kalo banyak oknum, tapi mohon maap kok aku susah percaya akan argumen ini. Tadi
pagi aja gue melihat oknum yang gerak-geriknya tampak seperti calo, meski tanpa
sisem nomor antrian ini.
A: Ini orang pada
mulai ngantri jam berapa ya Pak? Saya dateng jam 6.30 aja dibilang “KAYANYA
udah lebih dari 100 orang Bu.”
S: Tadi saya piket malem sih udah ada yang
datang dari jam 2 Bu.
A: Waduuuh lebih-lebih dari mau nonton konser ya
ini. Padahal ini pelayanan publik lho Pak. Ada kotak saran ga Pak? Saya asukin saran aja deh.
S: Ada Bu, tapi di dalam dan hari ini tutup. Ibu balik ke sini lagi aja hari Senin.
S: Ada Bu, tapi di dalam dan hari ini tutup. Ibu balik ke sini lagi aja hari Senin.
Waaah Bapak kira saya tidak punya
pekerjaan rupanya.
A: Alhamdulillah sih
Pak, Senin mah saya kerja.
A: Kalau begini mah
nanti banyak calo lagi loh, saya udah liat tuh tadi yang gerak-geriknya kaya
calo.
S: Iya nanti bisa langsung
lapor juga Bu soal calo. Disampaikan aja Bu nanti hari Senin.
Daaan dengan begitu
lenyap sudah citra baik pelayanan publik yang diberikan oleh Kantor Imigrasi
Bogor. Habis tak bersisa. Disclaimer: yang bikin saya kesal di sini bukan karena ga dapat antrian, namanya juga datang lebih siang. Tapi ketiadaan sistem untuk antriannya itu lho, padahal sistem sederhana seperti di bank aja cukup. Saya juga gak menyalahkan Pak Satpam karena dia hanyalah cerminan sistem di sana.
I am sorry I am so done with you. Mau ngasih saran via kotak saran aja mesti balik lagi loh minggu depan. Byeeeee. Mudah-mudahan ini cuma kasus di Bogor aja ya, di daerah lain jangan.
Udah lah terpaksa menyerah, izin dari kantor/cuti dan balik lagi ngurus paspor tanggal 17 Januari 2018. FYI, nomor antrian ini saya dapatkan via WA sejak akhir Desember 2017. Bikin pengen niruin Cinta dan bilang, “telat! Madingnya udah terbit!” karena oh sungguh lama sekaliiiii.
I am sorry I am so done with you. Mau ngasih saran via kotak saran aja mesti balik lagi loh minggu depan. Byeeeee. Mudah-mudahan ini cuma kasus di Bogor aja ya, di daerah lain jangan.
Udah lah terpaksa menyerah, izin dari kantor/cuti dan balik lagi ngurus paspor tanggal 17 Januari 2018. FYI, nomor antrian ini saya dapatkan via WA sejak akhir Desember 2017. Bikin pengen niruin Cinta dan bilang, “telat! Madingnya udah terbit!” karena oh sungguh lama sekaliiiii.
Begitulah sodara-sodara!
Mudah-mudahan para pembaca blog ini lebih budiman, mampu menjaga hati, dan
tidak berujung kesel sendiri seperti saya. Tapi kalau ada temanku yang mau
nulis ini jadi berita, silakan loh. Aku bersedia jadi narasumber. HAHAHAHA.
Sungguh lah
memperpanjang paspor di Bogor itu membutuhkan niat, determinasi, passion, keteguhan,
sikap optimis dan pantang menyerah layaknya fangirl yang ingin menonton
konser grup K-POP idolanya atau bersalaman dengan biasnya. Yang bisa sampe nginep di depan loket penjualan tiket supaya bisa kebagian tempat duduk strategis.
(pic taken from here) |
Para Elf Rela Menginap, Akhirnya Dapat Tiket SS4 (pic from article) |
FANGIRL FTW!!!
XOXO
Anggi
Doakan aku ya semoga berhasil perpanjang paspor tanggal 17 Januari nanti!
Amiinnn....
BalasHapuspaspor gw udah mati 1 tahunan, ga diperpanjang..... T.T
BalasHapus