Kamu Perlu Jiwa Fangirl Ketika Ingin Buat/Perpanjang Paspor di Bogor

Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya ingin memulai curhat sesi kedua dari petualangan memperpanjang paspor di Kantor Imigrasi Bogor tercinta.

Kenapa pakai bismillah? Pertama, karena memang begitulah ajaran kepada kaum muslimin dan muslimah. Kedua, saya juga berdoa semoga para pembaca yang budiman tetap bisa bersabar dan berpikir positif selama mengikuti kisah petualangan saya ini. Hehehe. 

Hubungan antara proses pembuatan/perpanjangan paspor di Bogor dengan fangirl niscaya akan saudara-saudari pahami seiring cerita saya nanti. Hahahahaa. Untuk gambaran gimana gigihnya para fangirl mengejar idola, silakan liat klip teman saya Nanien dan Maya waktu ketemu Park Bo Gum Dedek Akuuuuu! (maapin fangirl kumat HAHAHA).



Oke kita mulai yah…

Jadi, awal mula kekisruhan dalam memperpanjang paspor sudah dimulai sejak 2017. Cerita ini sudah saya tuangkan panjang lebar dalam postingan sebelumnya:

Ibu mau perpanjang paspor (foto punya Joko Anwar)

Berhubung saya udah dapat informasi bahwa pada Sabtu, 6 Januari 2017 ini Kantor Imigrasi Bogor melayani pembuatan dan perpanjangan paspor secara manual, jadilah saya dan Ibu Suri berangkat. Jam 6 pagi keluar rumah dengan wangi dan cantik (karena foto paspor yang jelek niscaya akan menimbulkan penyesalan selama 5 tahun mendatang).

Jam 6.30 kami tiba di Kantor Imigrasi Bogor. Daaaannn ternyata antrian sudah mengular seperti antrian beli diskonan sepatu Nike. Waaw ternyata kurang pagi!

*maafkan, lupa foto antriannya karena udah keburu sebel*

Saya pun dengan polosnya bertanya kepada Bapak Satpam.

A: Pak, ini antrian yang mau buat dan perpanjang paspor?

Pak Satpam: Iya tapi kayaknya udah lebih dari 100 Bu.

“KAYAKNYA”

Sungguh kata yang membuat nyaliku ciut sekaligus menahan amarah.

Ilfil dong yah gue, karena antreannya udah panjang banget sampe ada yang ngemper-ngemper sambil makan bubur ayam. Kesian juga Ibu Suri disuruh ngantri tanpa kepastian gini. Berhubung sebenernya udah dapet nomor antrean untuk mengurus paspor di tanggal 17 Januari 2018, jadi akhirnya kami memutuskan untuk putar haluan dan cari sarapan.

Selama di perjalanan pulang, makin dipikir ini balada ngurus paspor kok ya semakin mengecewakan dan konyol. Ngomel sendiri atau nulis di blog dan medsos juga kayanya kurang berfaedah yah selain untuk menyalurkan emosi yang membuncah di dada. Akhirnya kuputuskan untuk kembali ke Kantor Imigrasi untuk menulis saran dan memasukkannya di kotak saran. Kali-kali aja ditindaklanjuti.

Kembali ke sana sekitar jam 7 lewat, antrian sudah bubar tapi masih ada orang yang bergerombol di depan gerbang. Dari kejauhan sih tampaknya pada ngomel-ngomel sama satpam dan petugas Imigrasi (tepat seperti yang ingin gue lakukan HAHAHAHA).

Pas gw masuk dalam kerumunan itu, bener aja dong lagi pada ngedumel rame-rame karena mereka bukanlah 100 orang terpilih yang bisa ngurus paspor hari ini.

Meskipun ku bukan Sailormoon yang diberi amanah untuk menegakkan keadilan, gue tetap terpanggil untuk memberikan saran dan masukan agar tidak terjadi kericuhan yang sama di masa depan. Seenggaknya ya orang ngantri tuh manusiawi kaya kalo kita ngantri di bank. Lama juga sih, tapi setidaknya kan ada jaminan bahwa di hari itu kita bakal tetap bisa ketemu teller atau customer service untuk membantu kebutuhan kita.

Saranku gak muluk-muluk kok:

1.  Siapin aja nomor antrian 1-100 jadi kalau ada yang datang bisa dikasih nomor dan nunggu sampai layanan dibuka. Mau makan bubur ayam bisa duduk dengan proper gitu, bukan di trotoar.

2. Catat siapa-siapa yang ambil nomor. Buat aja daftar absen kosong yang bisa diisi dengan identitas pengantri. Bila perlu suruh tinggalkan KTP sebagai jaminan.


Bagaimana? Sederhana bukaan???

Kalau dalam logika gw yang cetek, setidaknya ini bakal membantu petugas untuk tahu berapa orang yang sudah antri. Kalau kuota 100 orang sudah habis kan Pak Satpam juga jadi enak ngasih pengumumannya. Bilang aja kuotanya sudah habis, “kalau masih mau nunggu ya ndak apa-apa Bapak dan Ibu, tapi waiting list dan cuma bisa dilayani kalau ada yang membatalkan gilirannya.”

Bukannya bilang ,“kayaknya udah lebih dari 100 Bu.” Please, deh, Bapak jangan PHP. #laaah. 

Jadi orang ga ngantri-ngantri tanpa kepastian sembari duduk ngemper kaya mau masuk venue konser. Kasian loh itu banyak bapak-bapak dan ibu-ibu udah tua. Gue sih ga rela nyokap gue disuruh begitu. Durhaka kalian semua, durhakaaa!

Singkat cerita gue nanya-nanya lah ke satpam dan petugas Kantor Imigrasi yang jaga di depan gerbang. Usut punya usut ternyata mereka punya tuh nomor antrean 1-100….

….yang dibagikan mulai jam 7 pagi, sebagai tiket masuk dan nomor antrian di dalam.

WAH SUNGGUH SANGAT BERFAEDAH…

…TAPI TELAT.

Karena ini sungguh bikin emosi jiwa, akhirnya terjadilah percakapan ini (yang sayangnya gak gue rekam agar bisa menjadi bukti yang sahih apabila ternyata tulisan ini bikin gue disomasi. Amit-amiiit).

A: Kenapa sih Pak nomornya ga dikasih aja dari awal ada yg datang?

Petugas dan Satpam (P&S): Soalnya kalo dibagiin dari awal suka dibawa pulang Bu, ga balik lagi.

A: Ya dicatet aja Pak, dibuat list.

P&S: Tetep aja Bu, banyak yang ngakalin.

A: Oooh gitu Pak. Jadi karena banyak yang berniat jahat jadi akhirnya ga mau pakai sistem ini lagi?

P&S: Iya… (sambil manggut-manggut yang bikin gue tambah kesel karena yaelah bapak kok mudah amat menyerah).

Petugas kemudian melipir masuk, menyisakan Pak Satpam yang bernasib buruk karena masih menghadapi gue sendirian.

A: Ya suruh ninggalin KTP aja Pak. Masa iya ada orang mau main ninggalin KTP gitu aja dan gak diambil lagi.

S: Tetap ga bisa Bu.

Wallahualam sih ya kalo banyak oknum, tapi mohon maap kok aku susah percaya akan argumen ini. Tadi pagi aja gue melihat oknum yang gerak-geriknya tampak seperti calo, meski tanpa sisem nomor antrian ini.

A: Ini orang pada mulai ngantri jam berapa ya Pak? Saya dateng jam 6.30 aja dibilang “KAYANYA udah lebih dari 100 orang Bu.”

S: Tadi saya piket malem sih udah ada yang datang dari jam 2 Bu.

A: Waduuuh lebih-lebih dari mau nonton konser ya ini. Padahal ini pelayanan publik lho Pak. Ada kotak saran ga Pak? Saya asukin saran aja deh.

S: Ada Bu, tapi di dalam dan hari ini tutup. Ibu balik ke sini lagi aja hari Senin. 

Waaah Bapak kira saya tidak punya pekerjaan rupanya.

A: Alhamdulillah sih Pak, Senin mah saya kerja.

A: Kalau begini mah nanti banyak calo lagi loh, saya udah liat tuh tadi yang gerak-geriknya kaya calo.

S: Iya nanti bisa langsung lapor juga Bu soal calo. Disampaikan aja Bu nanti hari Senin.

Daaan dengan begitu lenyap sudah citra baik pelayanan publik yang diberikan oleh Kantor Imigrasi Bogor. Habis tak bersisa. Disclaimer: yang bikin saya kesal di sini bukan karena ga dapat antrian, namanya juga datang lebih siang. Tapi ketiadaan sistem untuk antriannya itu lho, padahal sistem sederhana seperti di bank aja cukup. Saya juga gak menyalahkan Pak Satpam karena dia hanyalah cerminan sistem di sana.

 I am sorry I am so done with you. Mau ngasih saran via kotak saran aja mesti balik lagi loh minggu depan. Byeeeee. Mudah-mudahan ini cuma kasus di Bogor aja ya, di daerah lain jangan.

Udah lah terpaksa menyerah, izin dari kantor/cuti dan balik lagi ngurus paspor tanggal 17 Januari 2018. FYI, nomor antrian ini saya dapatkan via WA sejak akhir Desember 2017. Bikin pengen niruin Cinta dan bilang, “telat! Madingnya udah terbit!” karena oh sungguh lama sekaliiiii.

Begitulah sodara-sodara! Mudah-mudahan para pembaca blog ini lebih budiman, mampu menjaga hati, dan tidak berujung kesel sendiri seperti saya. Tapi kalau ada temanku yang mau nulis ini jadi berita, silakan loh. Aku bersedia jadi narasumber. HAHAHAHA.

Sungguh lah memperpanjang paspor di Bogor itu membutuhkan niat, determinasi, passion, keteguhan, sikap optimis dan pantang menyerah layaknya fangirl yang ingin menonton konser grup K-POP idolanya atau bersalaman dengan biasnya. Yang bisa sampe nginep di depan loket penjualan tiket supaya bisa kebagian tempat duduk strategis.

(pic taken from here)


FANGIRL FTW!!!

XOXO
Anggi
Doakan aku ya semoga berhasil perpanjang paspor tanggal 17 Januari nanti!

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer