Kenapa Harus Digital?



Sebelumnya, meski lebaran masih lama, saya mau mohon maaf lahir batin dulu kalau-kalau postingan ini isinya curcol dan pake ngomel-ngomel (ya karena memang demikian adanya, hahahahaa).



Alkisah, paspor saya habis masa berlakunya pada November 2017. Sejak beberapa bulan lalu saya juga udah googling gimana caranya perpanjang paspor, plus step by stepnya. Thanks to Google, saya jadi tahu kalau sekarang Kantor Imigrasi sudah pakai sistem pendaftaran online via Whatsapp.
“Waaah praktis nih, ga perlu ngantri pagi-pagi buta,” saya bersyukur banget waktu itu.

Mohon dicatat ya: WAKTU ITU. Lupa bulan apa.

Kenyataannya, sistem baru ini bukannya bikin hidup makin mudah, kok malah jadi ngerepotin. Saya nyoba dari Oktober tapi ga dapat-dapat tanggal yang sesuai sama jadwal saya.

Ya maklum ya, namanya juga menempati hierarki terbawah dalam rantai makanan di kantor, saya ga bisa ngatur jadwal keluar kantor dengan fleksibel kaya bos-bos. Plus lagi banyak event banget, weekend bisa beneran libur aja udah syukur (yaaah Mbaknya malah curcol😼).

Pokoknya daftar lewat WA tanggalnya selalu gak jodoh. (Hmm mengapa soal jodoh ini selalu rumit? #LHO). 
Belum lagi saya mesti nyocokin jadwal sama Ibu Suri yang mau plesir ke negeri seberang, tapi paspornya mati sejak 2014, makin berabe.

Menjelang libur akhir tahun ini akhirnya saya nyoba lagi peruntungan daftar via WA. Hasilnya masih nihil. Null. Anda belum beruntung. Coba lagi yhaaa.



“Aku sih no,” kalo kata Mas Anang (gambar dari sini).

Kalau balasan Whatsapp dari Kantor Imigrasi sih:




Baiklaahh! Jikalau kalian memang sedang perawatan, mungkin aku yang harus menjenguk langsung ke kantor sambil bawa berkas-berkasnya. Berangkat!

Ya udah dong, mumpung kantor dermawan memberikan libur akhir tahun, gue dan Ibu Suri pagi-pagi ke Kantor Imigrasi Bogor. Ga lupa dandan cantik dan pake lipstik supaya foto paspornya gak pucet.


Mudah-mudahan lumayan xD

Sampai di sana, eng ing eeeng yang bisa dilayanin cuma yang udah pegang nomor antrian dari WA. Sekadar ambil formulirnya pun tak bisa. (Mana Bapaknya galak banget lagi, hih. Selow aja kali Pak, cuma nanya loh, baik-baik pula nanyanya. Zzzz).

Sungguh ku kagum pada mereka semua yang beruntung itu. Gimana ya caranya biar dapet nomor antrean?

Apakah butuh keberuntungan seperti ikut kuis-kuis? Cilaka dong da aku mah anaknya jarang hoki kalau soal undian.

Apakah harus segigih para pendaftar CPNS? Waaah, aku aja ga tertarik sih ngikut tes CPNS lagi.

Kemudian aku harus bagaimanaaa???

Akhirnya ku bertanya pada petugas informasi dan curhat soal gue gagal melulu daftar via WA.

Jawabannya:
“Itu soalnya antriannya udah penuh Mbak. Dicoba terus aja, nanti juga bisa.”

Rasanya pengen ngomel-ngomel dan filing complaint yah (yang bener aja deh Mbak masa saya harus mantengin WA Imigrasi mulu kaya orang kurang kerjaan?).
Tapi untung diajarin sopan santun sama Ibu Suri dan Pak Sutie jadi ku bisa menahan diri di meja informasi (tapi abis itu ngomel juga di blog waaaahahahahah).
Maaf deh Mbak, saya nanya-nanyanya pasti dengan muka jutek dan nada judes pendek-pendek. Sungguh pekerjaanmu berat dan pasti susah ya kudu pokerface gitu menghadapi protes orang-orang.

Tapiiiii...

Duh, please. Ini kan pelayanan publik ya, kenapa ribetnya menyamai daftar CPNS? Perlu banget nih menguji kegigihan warga negaranya yang mau bikin/perpanjang paspor? Ini bukan mau kerja buat mengabdi ke negara yang harus dites kesungguhannya lho.

Kenapa mesti maksa pakai sistem digital semua dan menghapus sistem analogmu kalau sistem kalian belum siap wahai Ditjen Imigrasi? Not all things digital is better than analog. Kalau tujuannya adalah mempermudah dan memperbaiki pelayanan, maap-maap nih, tapi ini malah menyulitkan kami-kami yang mau ngurus haknya sebagai warga negara.

Intinya, kalau gini caranya, saya lebih baik ngantri pagi-pagi lagi di tanggal yang saya bisa mampir ke Kantor Imigrasi daripada terus-terusan ga dapat giliran begini.

Btw, kata Mbaknya sih mulai tanggal 6 Januari 2018 nanti kantor imigrasi bakal melayani pendaftar manual lagi setiap hari Sabtu. Tapi dibatasi 100 pengunjung pertama saja. Tjoy, kaya ngantri mo beli sepatu murah ya. 😹

Tapi lumayan deh. Setidaknya ada harapan.

I’ll be gladly back to my analog loving self and haunt you next year.


Permisi, Ibu mau daftar perpanjangan paspor.
(Gambar punya Om Joko Anwar)



Wassalam,
Anggi
Nominator Coba Lagi Award dari Ditjen Imigrasi

Komentar

  1. dlu gw buat paspor di jaman titik koma masih pake keyboard. Datang langsung ditawarin 2 calo, beberapa hari berselang dapat janji poto. Datang pagi, dipoto sore selepas jam buka layanan. Kejadiannya ga akan terlupakan, dimana tiap orang yang mulai gemes sama "yang nyalip antrean" nempelin muke mereka ke kaca partisi udah kaya shooting film resident evil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha sesuatu banget Gy! Tapi ini gw bete karena sebelumnya udah lumayan rapih, lah di tahun 2017 dan 2018 ini kok ya bubaar. "Mulai dari nol ya," gitu kalo niruin petugas SPBU Pertamina. Zzzzz

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer