TAKING THE RISK.




huah, lama banget ga nulis blog ini karena terlalu banyak nonton dorama. haha.


Di postingan kali ini gue mau cerita tentang bagaimana konsultasi akademis mempengaruhi pendewasaan diri gue. *HALAH*
Jadi judul di atas itu adalah kata-kata pembimbing akademis yang langsung menohok gue pas lagi konsultasi skripsi. oh my dearest God I say that word. 

Emang sih, konteks Mbak Meily ngomong gitu ke gue adalah dalam rangka ngomongin skripsi—yang mana gue rebek banget...
Tapi yang membuat gue lebih tertohok adalah kenyataan bahwa kata-kata itu tepat banget untuk ditempelin di jidat gue. Selain menampar gue di bidang perskripsian, itu lebih dahsyat lagi menyindir hidup gue yang sudah berlangsung 21 tahun ini. hehe. Karena setelah gue pikir-pikir lagi gue memang penakut bangeeet jadi manusia.

- Takut ke kamar mandi sendirian abis nonton film horor?? --> bukaan! bukan takut yang macam begini. ho. (Meskipun emang iya :D)
... Tapi takut ambil resiko.

Alkisah, kata-kata ini terlontar dari sang PA baik hati karena gue takut banget salah bikin outline skripsi. Takut ditolak Mas Awang lah... takut ngga kuat dasar teorinya lah. Takut ga kuat permasalahannya lah. Dan takut-takut ga penting lainnya.
Mungkin Mbak P.A yang baik hati ini lama-lama gerah juga kali ya karena gue nongol mulu di kantornya dan ga yakin-yakin dengan apa yang mau gue tulis.
Hingga akhirnya terlontarlah kata-kata pamungkas itu dengan santainya: 

“Nulis mah nulis aja. Kamu jangan ketakutan gitu dong. Yakin ajaaa! Kalo salah ya paling dimarahin Mas Awang. Cuek  aja lagii. Belajar ambil resiko dong. Take the risk.

Oke, sampai di sini pernyataan itu cukup menohok karena gue jadi sadar betapa payahnya gue dalam mengambil keputusan. Mikirnya lamaaaaaa banget. Mikirin konsekuensinya lah, step stepnya lah..
Okay, at one point it’s needed. Tapi kalo berlebihan ya jadinya hidupnya ga maju-maju.

Contoh terdekat kepayahan gue ini adalah waktu milih antara bikin skripsi atau TKA. Gilaaaa. Mikirnya lama banget. Sampai-sampai gue sempat berseloroh,
“Gila. Mutusin mau TKA apa skripsi aja gue ribet banget. Gimana nanti kalo ada yang ngajak kawin???”

Jeng jeng jeeeeeng. *Dan sampailah gue di tamparan yang kedua*

Benar. Ini soal cinta. Hahahaha *geli*. Tapi ini serius sodara-sodara.
Entah mungkin karena gue labil aja lagi pusing ngerjain skripsi dan butuh perhatian lebih *aheee :P*, atau karena ketiga anggota geng skripsi lainnya—bulu babi, kucing kampung, dan bajing—sudah mempunyai suporter skripsi masing-masing, jadinya gue merasa kesepian. Gue jadi inget kisah-kisah masa lalu yang udah kadaluarsa.

Awalnya sih karena gue mendengar cerita seorang teman yg baru kena musibah dirampok orang lalu didorong keluar dari angkot.
Naah, dia bercerita kalau si Mr.X—temennya yang dulu kayanya pernah deket sama gue—tiba2 SMS dia dan khawatir banget pas kejadian itu. Padahal mereka udah setahun lebih loose contact. Pokoknya si temen gue ini terkesan banget deh dengan kebaikan hati si Mr.X itu.
“aduuuh Nggi, sayang deh dulu lo ga jadi sama dia…”
Jeng jeng jeeeeeng. Galau #1  *lebay*

Lalu beberapa malam kemudian gue jalan-jalan sama temen-temen kampus gue. Salah satunya si Mr.X2 yang dulu juga pernah deket sama gue tapi lagi-lagi layu sebelum berkembang. Nyahahaha .
Terus pas itu gue tiba-tiba ngeh kalo dia cowok baik-baik. Baik banget malah. Ya sebenernya udah tau dari dulu sih. Tapi ini jadi inget aja.

Nah besoknya gue lalu tau bahwa salah satu teman gue baru aja putus cinta. Sedih dan nangis sih. Tapi dia menghadapi semuanya. Dengan kuat. Gue kagum deh dia kuat di tengah kejar-kejaran deadline outline skripsi. Ditambah putus cinta.

GILAA. Kalau gue bisa jadi akan mental breakdown. Hiiiiii…

Terus pas dia lagi curhat, tiba-tiba gue inget kata-kata mbak Meily lagi.
“Berani ambil resiko dong, TAKE THE RISK.”

Oke dan pikiran-pikiran aneh pun melayang-layang di otak gue. *oke ini lebay*
Berani ambil resiko berarti kaya temen gue yang baru putus cinta itu. Ya kalau nantinya bubar sih dihadapi aja. Nanti juga sembuh.  

Kenapa gue ga jadi sama mr.X? karena gue ragu-ragu.
Kenapa gue juga ga jadi sama Mr. X2? Karena gue juga ragu-ragu.
Aaaarggghh. Bahkan dulu si Mr.X2 pernah nanya, “Kenapa sih Nggi lo takut banget?”  
Oke. Dulu gue takut nyoba karena takut kalo ada apa-apa nanti gue sakit hati.

Cih. Amat sangat tidak okee. Dan baru gue sadar sekarang: those two guys are fine. Something is really wrong with me.

Ternyata gue baru ngerti sekarang kata-kata orang yang ga pernah nyoba itu sebenarnya sudah kalah sebelum perang. Sial.

Well, the thing is, so many things deserve a chance.
And I am really sorry to myself for being such a big coward.

Yaaahh.. seenggaknya kata-kata Mba Meily itu gue denger pas gue masih umur 21. Masih banyak waktu. Untung saja.
 : )

Komentar

  1. yaelah kagak usah ragu2 lah. jadiin aja. kalo ga cucok kan tinggal putus aja cyiin. contohlah personil binatang: si kecebong, itu dulu dia (sepertinya) ragu2.. eh taunya skrg (kata mama vina panduwinata) "aku makin cinta".. hahahaha

    BalasHapus
  2. hehehe. masih banyak waktu nggi. ayo bersama-sama kita taking the risk, sister!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer